LED

Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

Cara merangking berikut contohnya


             Syntak rumus RANK

Secara default, rumus RANK bentuk susunannya (syntak) seperti di bawah ini :
=RANK(number,ref,order)
number = adalah angka yang akan dicari rangkingnya
ref = adalah yang menjadi referensi untuk mencari peringkat sebuah angka, berupa sebuah array atau daftar nilai
order = cara mengurutkan rangking, ada dua pilihan yaitu descending dan ascending
untuk merangking secara descending maka order di isi dengan angka 0
untuk merangking secara ascending maka order di isi dengan angka selain 0
Syntak RANK ini juga bisa tanpa menuliskan order
=RANK(number,ref)
Langsung saja dipraktikkan cara membuat rumus untuk mencari ranking/peringkat, silahkan buat dalam sheet Excel tabel seperti di bawah ini

Cara menggunakan fungsi LOOKUP dalam lembar kerja Microsoft Excel.

          LOOKUP fungsi mengembalikan nilai baik dari berbagai satu baris atau kolom satu atau dari array. Fungsi LOOKUP memiliki dua bentuk sintaks: vektor dan array. Bentuk vektor LOOKUP tampak dalam satu baris atau kolom satu rentang (dikenal sebagai vektor) untuk nilai, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di berbagai satu baris atau kolom yang kedua. Bentuk array LOOKUP tampak di baris atau kolom dari array untuk nilai yang ditentukan pertama, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di baris atau kolom array terakhir.

Bentuk array LOOKUP

           Bentuk array LOOKUP terlihat di baris atau kolom dari sebuah array nilai pertama yang Anda tentukan, dan kemudian mengembalikan nilai dari posisi yang sama di baris atau kolom array terakhir. Gunakan bentuk pencarian ketika nilai-nilai yang Anda inginkan untuk mencocokkan di baris atau kolom array pertama.

Sintaks untuk bentuk Array

LOOKUP (lookup_value,array)
  • Lookup_value adalah nilai yang LOOKUP mencari dalam array. Lookup_value dapat nomor, teks, nilai yang logis, atau nama atau referensi yang mengacu pada nilai.
    • Jika pencarian tidak dapat menemukan lookup_value, menggunakan nilai terbesar dalam array yang kurang dari atau sama dengan lookup_value.
    • Jika lookup_value lebih kecil daripada nilai terkecil di baris atau kolom (menurut dimensi array) pertama, LOOKUPmengembalikan nilai kesalahan #N/A.
  • Array adalah kisaran sel yang berisi teks, angka, atau nilai-nilai logis yang ingin Anda Bandingkan dengan lookup_value.

    Bentuk array LOOKUP ini mirip dengan HLOOKUP dan VLOOKUP fungsi. Perbedaannya adalah bahwa HLOOKUPmencari lookup_value di baris pertama, VLOOKUP pencarian dalam kolom pertama, dan LOOKUP pencarian menurut dimensi array.
    • array mencakup wilayah yang lebih luas daripada Apakah tinggi (kolom lain daripada baris), LOOKUP pencarian untuk lookup_value pada baris pertama.
    • array persegi atau lebih tinggi daripada Apakah lebar (lebih baris dari kolom), LOOKUP pencarian di kolom pertama.
    • Dengan HLOOKUP dan VLOOKUP, Anda dapat mengindeks turun atau di, tapi LOOKUP selalu memilih nilai terakhir di baris atau kolom.
    Penting Nilai-nilai dalam array harus ditempatkan dalam urutan naik. Sebagai contoh, -2, -1, 0, 1, 2 atau A-Z atau FALSE, benar. Jika Anda tidak melakukannya, LOOKUP mungkin tidak memberikan nilai yang benar. Teks huruf besar dan huruf kecil setara.
Contoh
AB
1a1
2b2
3c3
4d4
FormulaDeskripsi (hasil)
=LOOKUP("c",a1:B4)Tampak "C" di baris pertama array dan mengembalikan nilai dalam baris terakhir yang di kolom yang sama (3).
=LOOKUP("bump",a1:B4)Mencari "benjolan" di baris pertama array dan mengembalikan nilai dalam kolom terakhir yang ada di baris yang sama (2).

Penggunaan Fungsi IF dalam Microsoft Excel

             Fungsi ini sering disebut sebagai fungsi keputusan, dimana kita menetapkan rule / aturan yang akan mengambil keputusan pengembalian nilai yang berbeda dari input yang masuk.

Syntax dasar dari fungsi IF adalah sebagai berikut

IF(logical_test_value, value_if_true, value_if_false)

Contoh Penggunaan

Fungsi Statistik di Ms Excel



Bentuk umum fungsi stastik adalah sebagai berikut: 
  1. SUM(Range) = menjumlahkan nilai Range
  2. MAX(Range) = Menghasil nilai maximum dari Range
  3. MIN(Range) = Menghasil nilai minimum dari Range
  4. AVERAGE(Range) = Menghasil nilai rata-rata dari Range
  5. STDEV (Range) = Simpangan baku dari Range

Membuat Lembar Kerja Excel Yang Baik dan Benar

Cara I: Menyisipkan Lembar Kerja Baru di MS Excel

Langkah-langkah:
  1. Klik pada dokumen MS Excel untuk menyisipkan lembar kerja Excel.
  2. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian pilih Excel Spreadsheet.